
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Pengajaran Terbimbing SDN Pekauman 7 Kota Tegal
Kelas II
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Oleh
Dian
Aprilianingtyas
1401412452
Guru Pamong: Eka Kartika P.
Dosen Pembimbing : Drs. Suhardi, M.Pd
PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NEGERI SEMARANG
2015
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH : SDN Pekauman 7 Tegal
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : II (Dua)
SEMESTER : I (Satu)
ALOKASI WAKTU : 2 x 35
menit.
A. STANDAR KOMPETENSI
2. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya,
bercerita, dan deklamasi.
B. KOMPETENSI DASAR
2.1 Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan
kata yang tepat dan santun berbahasa.
C. INDIKATOR PEMBELAJARAN
2.1.1 Mampu menggunakan
kata tanya apa, dimana, siapa, mengapa, bagaimana dalam kalimat.
2.1.2 Mampu membuat
pertanyaan berdasarkan jawaban yang tersedia.
2.1.3 Mampu membaca
kalimat tanya dengan benar.
2.1.4 Mampu bertanya
kepada orang lain dengan sopan.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Setelah menyimak demonstrasi
dan penjelasan guru, siswa dapat membedakan penggunaan lima kata tanya dengan
tepat.
2.
Setelah menyimak penjelasan
guru, siswa dapat menuliskan pertanyaan sesuai dengan jawaban yang tersedia.
3.
Melalui model Talking Stick, menyimak demonstrasi dan penjelasan guru, siswa dapat membaca
kalimat tanya dengan benar.
4.
Melalui model Talking Stick dan menyimak penjelasan guru, siswa dapat
menampilkan cara bertanya kepada orang lain dengan sopan.
Karakter siswa
yang diharapkan : tekun, kerja sama, kecermatan, toleransi, percaya diri, disiplin,
dan keberanian.
E.
MATERI AJAR
Bertanya
kepada Orang Lain (Terlampir)
F. PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Cooperative Learning
Metode/Model :
1.
Model Kooperatif Tipe Talking
Stick
2.
Ceramah
3.
Demonstrasi
4.
Tanya jawab
5.
Latihan
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
1
|
Kegiatan Awal
a.
Guru memberikan salam.
b.
Guru menyuruh ketua kelas memimpin siswa lain untuk berdoa.
c.
Guru melakukan presensi, memberikan
motivasi dan membimbing
siswa menyiapkan alat tulis.
d.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan memberikan
pertanyaan-pertanyaan awal yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.
|
7 Menit
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
50 Menit
|
|
a
|
Eksplorasi
1)
Guru mendemonstrasikan percakapan dengan media wayang.
2)
Guru menjelaskan secara singkat penggunaan kata tanya apa, dimana, siapa,
mengapa, dan bagaimana dalam kalimat.
3)
Guru memberikan beberapa permasalahan dan menunjuk
siswa untuk menjawab pertanyaan.
Contoh permasalahan: guru menanyakan kepada salah satu
siswa, “Ketika kamu tersesat, apa yang harus kamu lakukan?”. Dengan harapan,
siswa dapat menunjukkan penerapan kata tanya dengan benar.
4)
Guru menyiapkan teks percakapan singkat untuk
dipraktekkan siswa secara berpasangan.
|
15 Menit
|
|
b
|
Elaborasi
1)
Siswa berpasangan mempelajari teks percakapan yang
sudah disiapkan guru.
2)
Siswa secara bergilir mempraktekkan teks percakapan
yang sudah disiapkan guru di depan kelas. Penunjukan siswa dilakukan oleh
guru menggunakan model Talking Stick.
Berikut
langkah-langkah pelaksanaan model Talking
Stick:
a)
guru menyiapkan tongkat bicara,
b)
guru memutar sebuah lagu,
c)
pada saat lagu diputar, tongkat bicara bergerak dari
satu siswa ke siswa yang lain,
d)
ketika guru menghentikan lagu, siswa yang memegang
tongkat maju mempraktekkan teks percakapan yang sudah disiapkan guru.
3)
Siswa yang belum mendapat giliran memperhatikan siswa
yang maju.
|
25 Menit
|
|
c
|
Konfirmasi
1)
Guru mengapresiasi aktivitas siswa dengan memberikan
tanda bintang.
2)
Siswa melakukan refleksi dengan bimbingan guru dan diingatkan
kembali mengenai kegiatan-kegiatan
selama pembelajaran berlangsung untuk menggali pengalaman belajar.
Dengan
menanyakan:
a) Apa saja materi yang kita bahas hari
ini?
b) Apakah pembelajaran hari
ini menyenangkan?
c) Apakah ada yang ingin
ditanyakan?
3)
Siswa yang kurang berpartisipasi aktif diberi motivasi.
|
10 Menit
|
|
3
|
Kegiatan
Penutup
|
10 Menit
|
|
a.
Siswa mengerjakan soal pada lembar evaluasi.
b.
Guru bersama siswa mengoreksi hasil evaluasi.
c.
Guru memberikan pesan moral yang berkaitan dengan
materi.
d.
Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.
|
H.
SUMBER BELAJAR DAN MEDIA
PEMBELAJARAN
1.
Nur’aini, Umri. 2008. Bahasa
Indonesia untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional.
2.
Suyatno. 2008. Indahnya
Bahasa dan Sastra Indonesia: untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional.
3.
Wayang.
4.
Teks Percakapan Sederhana.
I.
PENILAIAN
Prosedur penilaian :
1. Tes awal : Tanya jawab pada kegiatan
pendahuluan
2. Tes Proses : Saat proses pembelajaran
berlangsung
3. Tes Akhir : Saat pembelajaran berakhir
4. Teknik penilaian : Tes tertulis, tes unjuk kerja
5. Jenis penilaian : Tes lisan selama proses
pembelajaran, tertulis
6. Bentuk Penilaian : Isian.
J.
LAMPIRAN
1. Materi ajar
2. Teks Percakapan
3. Lembar Evaluasi
Individu
4. Kunci Jawaban
Soal Evaluasi Individu
5. Lembar Penilaian
Tegal, 27 Agustus
2015
Guru Kelas II, Praktikan,
Sukartono, S.Pd. Dian
Aprilianingtyas
NIP. 196212091982011008 NIM. 1401412452
LAMPIRAN 1
BERTANYA
KEPADA ORANG LAIN
Setiap orang membutuhkan orang lain, baik itu orang tua, guru, teman,
sahabat, dan lain-lain. Saat berbicara, kamu harus menggunakan bahasa yang
santun. Hal itu agar orang lain tidak sakit hati dan marah kepada kamu. Jika
temanmu berbicara tidak sopan tentu kamu tidak suka, Nah, begitu juga orang
lain. Mereka akan menghargai anak yang santun.
Pernahkah kamu
bertanya kepada orang lain? Jika bertanya, kamu akan mengetahui sesuatu. Bertanya juga tidak
boleh sembarangan, gunakan bahasa yang baik, kata-katanya harus tepat dan caranya
harus santun. Menuliskan kalimat tanya harus diakhiri dengan tanda tanya (?). Untuk bertanya gunakanlah kata tanya. Berikut ini
macam-macam kata tanya:
1. Apa
2. Kapan
3. Mengapa
4. Siapa
5. Dimana
6. Bagaimana
1.
Apa
Kata tanya “apa” digunakan untuk membuat kalimat untuk menanyakan
benda, keadaan, atau perbuatan. Jawaban dari pertanyaan dengan kata tanya apa
berupa benda atau pengertian. Contoh:
a. Pertanyaan =
Apa yang kamu bawa?
Jawaban = Saya membawa durian.
b. Pertanyaan= Apa yang sedang ayah kerjakan?
Jawaban = Ayah sedang memotong rumput.
2.
Kapan
Kata tanya “kapan” digunakan untuk menanyakan waktu kejadian atau
peristiwa akan, sedang, atau telah berlangsung. Contoh:
a. Pertanyaan =
Kapan kamu berulang tahun?
Jawaban = Saya berulang tahun tanggal 16 Mei.
b. Pertanyaan =
Kapan tugasnya dikumpulkan, Bu?
Jawaban = Tugas dikumpulkan besok pagi.
3.
Mengapa
Kata tanya “mengapa” digunakan untuk menanyakan alasan atau sebab
terjadinya sesuatu. Contoh:
a. Pertanyaan =
Mengapa Ami tidak berangkat?
Jawaban = Ami tidak berangkat karena sakit.
b. Pertanyaan =
Mengapa baju kamu basah?
Jawaban = Baju saya basah karena kehujanan.
4.
Siapa
Kata tanya “siapa” digunakan untuk untuk menanyakan orang atau subjek.
Contoh:
a. Pertanyaan =
Siapa yang mendapat peringkat 1?
Jawaban = yang mendapat peringkat 1 adalah Rima.
b. Pertanyaan =
Siapa yang sedang dihukum ibu guru?
Jawaban = yang sedang dihukum adalah Amri.
5.
Dimana
Kata tanya “dimana” digunakan untuk menanyakan tempat. Contoh:
a. Pertanyaan =
Dimana letak ruang guru?
Jawaban = ruang guru ada di samping ruang kepala
sekolah.
b. Pertanyaan =
dimana rumahmu?
Jawaban = rumahku di Jl. Angkasa No. 12
6.
Bagaimana
Kata tanya “bagaimana” digunakan untuk menanyakan keadaan atau
kejadiaan tentang suatu hal. Contoh:
a. Pertanyaan =
Bagaimana cuaca hari ini?
Jawaban = cuaca hari ini sangat cerah.
b. Pertanyaan =
Bagaimana keadaan orang tuamu?
Jawaban = keadaan orang tuaku alhamdulilah sehat.
LAMPIRAN 2
TEKS
PERCAKAPAN
TEKS 1.
Di
hari minggu yang cerah, Ara sedang asik bermain boneka. Mulai dari bermain
masak-masakan sampai bermain dokter-dokteran. Beberapa saat kemudian, Ara
mendekati kakaknya yang berada di kamar.
Ara : “Apa yang sedang kak Aris lakukan?”
Aris : “Kakak baru selesai mengerjakan PR dari
ibu guru.”
Ara : “Oh begitu. Siapa nama guru yang
memberikan PR itu?”
Aris :
“Bu Nida namanya. Ara, mengapa kakak tidak mendengar suara ayah dan ibu?”
Ara :
“Itu karena ayah dan ibu sedang pergi, kak Aris.”
Aris :
“Benarkah? Dimana ayah dan ibu sekarang, Ara?”
Ara :
“Ayah dan ibu sedang pergi ke rumah nenek.”
Aris :
“Oh begitu. Kapan ayah dan ibu pulang?”
Ara :
“Kata ibu, ayah dan ibu akan pulang jam 4 sore nanti. Kak Aris, Ara lapar.”
Aris :
“Ara lapar? Bagaimana kalau kita buat mie goreng?”
Ara :
“Setuju”
Akhirnya Ara dan Aris membuat mie goreng kemudian memakannya dengan
lahap.
TEKS 2.
Rara : “Apa yang sedang kamu makan, Dina?”
Dina : “Aku sedang makan kue coklat. Apa kamu mau
mencoba?”
Rara : “Ya, terima kasih, Dina. Siapa yang
membuat biskuit ini?”
Dina : “Ibuku yang membuatnya.”
Rara : “Bagaimana cara membuat biskuit ini?”
Dina : “Masukkan coklat ke dalam adonan kue, lalu
panggang sampai matang.”
TEKS 3.
Andi : “Maaf, apakah ini rumah Fahri?”
Pak
Ali : “Ya benar. Siapa namamu, nak?”
Andi : “Saya Andi teman Fahri. Apakah Fahri ada
di rumah, pak?”
Pak
Ali : “Fahri sedang pergi ke rumah neneknya.”
Andi : “Kapan Fahri pulang ke rumah, pak?”
Pak
Ali : “Jam 4 sore Fahri pulang ke rumah.”
Andi : “Terima kasih pak. Saya pamit dulu.”
Pak
Ali : “Ya sama-sama. Hati-hati, nak.”
LAMPIRAN 3
LEMBAR
EVALUASI INDIVIDU
Untuk Soal nomor 1-5, lengkapi titik-titik berikut ini dengan kata
tanya yang tepat! Perhatikan jawabannya!
1. .
. . nama kakakmu?
Jawab: Raka nama kakakku.
2. .
. . olahraga kesukaan kakakmu?
Jawab: bermain sepak bola.
3. .
. . kakakmu suka bermain sepak bola?
Jawab: karena
menyenangkan dan membuat badan sehat.
4. .
. . kakakmu bersekolah?
Jawab: di smp 2.
5. .
. . kakakmu lahir?
Jawab: 15 Juni 2002.
6. Kata tanya yang tepat untuk menanyakan keadaan
atau kejadian suatu hal adalah kata tanya
. . . .
7. Buatlah pertanyaan dengan menggunakan kata
tanya Dimana!
8. Buatlah pertanyaan dengan menggunakan kata
tanya Kapan!
LAMPIRAN 4
KUNCI
JAWABAN SOAL EVALUASI INDIVIDU
1. Siapa
2. Apa
3. Mengapa
4. Dimana
5. Kapan
6. Bagaimana
7. Dimana rumahmu?
Dimana ayahmu bekerja?
Dimana letak ruang perpustakaan?
8. Kapan ayah dan ibu berangkat ke Mekkah?
Kapan ulangan
dilaksanakan?
Kapan hari ulang tahunmu?
LAMPIRAN 5
PENILAIAN
A. Proses Pembelajaran
B. Tertulis
Pedoman penskoran
Jenis soal
|
Jumlah soal
|
Nomor Soal
|
Bobot
|
Skor maksimal
|
Isian
|
8
|
1-6
|
10
|
100
|
7-8
|
20
|
C. Kinerja
Dilakukan guru selama mengamati kegiatan siswa,
idealnya siswa diamati satu persatu, dan guru mencatat untuk kemudian hasil
pengamatannya dimasukkan pada tabel berikut ini:
Keterangan : Skor tiap aspek 1-5
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek yang diamati
|
Nilai
|
|||||
Afektif
|
Kognitif
|
Psikomotor
|
||||||
1
|
‘Ayef Rayan
|
|||||||
2
|
Ade Firansyah
|
|||||||
3
|
Andini Sukma Dewi
|
|||||||
4
|
Aurelia Rachel
|
|||||||
5
|
Bima Raphialink
|
|||||||
6
|
Faradina Eka
|
|||||||
7
|
Frida Febriananda
|
|||||||
8
|
Ikbal Hanan
|
|||||||
9
|
Irsyad Fadh
|
|||||||
10
|
Keisha Ellta
|
|||||||
11
|
Mas Bambang S.
|
|||||||
12
|
M. Nadhif Hasani
|
|||||||
13
|
M. Zaid Ibrohim
|
|||||||
14
|
Nafisa Nuril M.
|
|||||||
15
|
Nafisa Tul Ilmia
|
|||||||
16
|
Naufal Sungkar
|
|||||||
17
|
Naura Fautsa
|
|||||||
18
|
Salman
|
|||||||
19
|
Salwa Naafi Nabila
|
|||||||
20
|
Subkhan Srief R.
|
|||||||
21
|
Vanesa Kanaya
|
|||||||
22
|
Vebrian Rangga P.
|
|||||||
23
|
Azizah Adawiyah
|
|||||||
24
|
Galih
|
|||||||
25
|
Fitri
|
|||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar