Rabu, 02 September 2015

RPP Bahasa Indonesia Kelas 5 Memberikan Tanggapan dan Saran
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Pengajaran Terbimbing SDN Pekauman 7 Kota Tegal
Kelas V
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia




Oleh
Dian Aprilianingtyas
1401412452





Guru Pamong: Eka Kartika P.
Dosen Pembimbing : Drs. Suhardi, M.Pd



PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2015




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH              :           SDN Pekauman 7 Tegal
MATA PELAJARAN  :       Bahasa Indonesia
KELAS                          :       V (Lima)
SEMESTER                  :       I (Satu)
ALOKASI WAKTU    :       2 x 35 menit.
A.    STANDAR KOMPETENSI
2. Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan, menceritakan hasil pengamatan.
B.     KOMPETENSI DASAR
2.1 Menanggapi suatu persoalan/ peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
C.    INDIKATOR PEMBELAJARAN
2.1.1 Mampu menjelaskan pokok permasalahan yang terjadi.
2.1.2 Mampu mengemukakan tanggapan dan saran pemecahan terhadap masalah yang terjadi.
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan pengertian tanggapan dan saran dengan benar.
2.      Siswa dapat menjelaskan pokok permasalahan pada suatu peristiwa setelah menyimak penjelasan guru dan diskusi berpasangan.
3.      Melalui diskusi berpasangan dan menyimak penjelasan guru, siswa dapat mengemukakan tanggapan dan saran pemecahan suatu masalah.
Karakter siswa yang diharapkan : tekun, kerja sama, toleransi, percaya diri, kreatif, dan keberanian.
E.     MATERI AJAR
Memberikan Tanggapan dan Saran (Terlampir)
F.     PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan: Cooperative Learning
Metode/Model :
1.      Model Talking Stick
2.      Ceramah
3.      Diskusi
4.      Tanya jawab
5.      Latihan
G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan Awal
a.       Guru memberikan salam.
b.      Guru menyuruh ketua kelas memimpin siswa lain untuk berdoa.
c.       Guru melakukan presensi, memberikan motivasi dan membimbing siswa menyiapkan alat tulis.
d.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.
e.       Guru melakukan tanya jawab mengenai peristiwa yang telah dialami siswa.
7 Menit
2
Kegiatan Inti
50 Menit

A
Eksplorasi
1)      Guru menjelaskan materi memberikan tanggapan dan saran.
2)      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
3)      Guru menjelaskan kepada siswa teknik kuis menggunakan talking stick.
15 Menit

B
Elaborasi
1)      Sesuai instruksi guru, siswa berpasangan membentuk kelompok kecil.
2)      Siswa mendiskusikan lembar diskusi kelompok yang sudah disiapkan guru dan menyelesaikannya sesuai dengan perintah yang tertera.
3)      Siswa dibimbing guru secara bergilir mengemukakan pendapat kelompoknya di depan kelas. Adapun teknik penunjukan siswa yaitu dengan menggunakan model Talking Stick. Berikut langkah-langkah pelaksanaan model Talking Stick:
a)      guru menyiapkan tongkat bicara,
b)      siswa bersama guru menyanyikan sebuah lagu,
c)      pada saat lagu dinyanyikan, tongkat bicara bergerak dari satu siswa ke siswa yang lain,
d)     Ketika guru menghentikan lagu, siswa yang memegang tongkat mengemukakan pendapatnya sesuai dengan permasalahan yang ada.
4)      Siswa yang belum mendapat giliran mempehatikan jawaban temannya di depan kelas.
25 Menit

C
Konfirmasi
1)      Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi hasil permainan yaitu dengan memberikan tanda bintang kepada siswa.
2)      Siswa melakukan refleksi dengan bimbingan guru dan diingatkan kembali mengenai kegiatan-kegiatan selama pembelajaran berlangsung untuk menggali pengalaman belajar.
Dengan menanyakan:
a)      Apa saja materi yang kita bahas hari ini?
b)      Apakah pembelajaran hari ini menyenangkan?
c)      Apakah ada yang ingin ditanyakan?
3)      Siswa yang kurang berpartisipasi aktif diberi motivasi.
10 Menit
3
Kegiatan Penutup
13 Menit
a.       Siswa mengerjakan soal pada lembar evaluasi individu.
b.      Guru bersama siswa mengoreksi hasil evaluasi individu.
c.       Guru memberikan pesan moral yang berkaitan dengan materi.
d.      Guru memberi tindak lanjut berupa PR.
e.       Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.
H.    SUMBER BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Murni, Sri. 2007. Bahasa Indonesia 5: untuk SD dan MI Kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
2.      Artikel Berita
3.      Tongkat Bicara, iringan lagu, dan speaker.
H.    PENILAIAN
Prosedur penilaian :
1.      Tes awal                      : Tanya jawab pada kegiatan pendahuluan
2.      Tes Proses                   : Saat proses pembelajaran berlangsung
3.      Tes Akhir                    : Saat pembelajaran berakhir
4.      Teknik penilaian          : Tes tertulis
5.      Jenis penilaian             : Tes lisan selama proses pembelajaran, tertulis
6.      Bentuk Penilaian         : Essai.
I.       LAMPIRAN
1.  Materi ajar
2.  Lembar Evaluasi Individu
3.  Kunci Jawaban Lembar Evaluasi Individu
4.  Lembar Diskusi Kelompok
5.  Kunci Jawaban Lembar Diskusi Kelompok
6.  Penilaian
                                                                                        Tegal, 1 September 2015
     Guru Kelas V,                                                            Praktikan,



     Eka Kartika P.                                                           Dian Aprilianingtyas
     NIP. 197105062006041004                                      NIM. 1401412452












LAMPIRAN 1
Memberikan Tanggapan dan Saran
A.    Pengertian Tanggapan dan Saran
Tanggapan adalah pendapat ataupun reaksi seseorang setelah melihat, mendengar ataupun merasakan sesuatu. Tanggapan dapat berupa persetujuan, sanggahan, pertanyaan, atau pendapat. Semua tanggapan harus disampaikan dengan sopan. Dalam menanggapi suatu permasalahan harus disertai jalan keluar (solusi). 
Alasan adalah suatu hal yang diungkapkan untuk mengokohkan pendapat yang bersifat opini yang dipakai untuk menguatkan pendapat.
Saran sama dengan usulan, yakni menanggapi tindakan atau pendapat orang lain berupa usulan yang menurut pemberi saran adalah yang terbaik atau lebih baik dari sebelumnya.
Untuk memberikan pendapat yang terdapat pada sebuah permasalahan atau yang disampaikan oleh seseorang, kamu dapat menanyakannya dengan pertanyaan berikut.
1.      Apa yang menjadi permasalahan?
2.      Siapa yang menjadi pokok pembicaraan?
3.      Dimana hal itu terjadi?
4.      Kapan hal itu terjadi?
5.      Mengapa hal itu terjadi?
6.      Bagaimana penyelesaiannya?
Contoh:
Peristiwa
Beberapa orang laki-laki sedang menebang pohon di hutan.
Alasan
Penebangan hutan secara sembarangan dapat menyebabkan banjir
Tanggapan
Saya tidak setuju dengan apa yang dilakukan laki-laki tersebut.

Saran:
Sebaik
nya mereka tidak menebang pohon dengan sembarangan. Kalau perlu mereka hendaknya menanam pohon untuk kelestarian lingkungan.
B.     Cara Menyampaikan Pendapat Yang Baik
1.      Jangan Utarakan Pendapat Yang Telah Diutarakan Sebelumnya
Ungkapkan ide-ide atau pemikiran baru dalam diskusi dan jangan mengulang apa yang telah disampaikan oleh orang lain.
2.      Gunakan Kalimat yang Sederhana dan Mudah Dimengerti
Lontarkan komentar/pendapat dengan kalimat sesederhana mungkin namun tepat dalam mengekspresikan maksud. Utarakan dengan kalimat yang lebih singkat dan mudah dimengerti.
3.      Ritme Bicara
Cepat lambatnya seseorang bicara mempengaruhi apakah orang lain dapat mengerti atau tidak apa yang hendak disampaikan. Kalau berbicara terlalu cepat, bisa-bisa apa yang hendak kamu sampaikan malah tidak jelas. Dan sebaliknya, hindari ritme bicara yang terlalu pelan/lambat, sehingga lawan bicara mampu menyela pembicaraan dengan mengutarakan apa yang ingin kamu sampaikan.

4.      Diam Kalau Gugup

Hindari kata-kata seperti "uh" "yah, begitulah" "umm" dan "eh" yang biasanya digunakan saat kita gugup atau kehabisan kata-kata. Lebih baik diam saat kamu tidak tahu apa yang ingn dikatakan, lalu bicaralah kembali dengan tenang mengungkapkan kata yang bermakna.

5.      Bicarakan Topik Yang Dimengerti Oleh Semuanya

Jangan mendiskusikan hal-hal yang tidak relevan yang mungkin hanya dimengerti oleh kalian berdua namun tidak dimengerti oleh teman-teman lain yang ada di situ.





LAMPIRAN 2
LEMBAR EVALUASI INDIVIDU
Nama         :
Kelas          :
No. Absen :
Lautan dan Isinya
Dua pertiga dari bumi merupakan wilayah perairan. Lautan maupun daratan memiliki kesamaan kenampakan alam. Jika daerah daratan memiliki jurang, lembah dan gunung, lautan juga memiliki bagian-bagian tertentu,antara lain : daerah tembus cahaya, remang-remang dan gelap. Daerah tembus cahaya ini kedalamannya mulai dari 0-180 meter di bawah permukaan laut. Air masih hangat, tenang, dan bergerak. Sebagian besar tanaman dan hewan laut hidup di daerah ini. Ada lumba-lumba, ikan pari manta, dan ikan terbang.
Selanjutnya, daerah remang-remang, mulai dari 180-990 meter. Di daerah ini, suhu bisa lebih rendah dari 5°C. Karena cahaya sangat kurang, ikan-ikan yang hidup di sini memiliki cahaya di tubuhnya, seperti ikan lampu kilat.
Daerah berikutnya disebut daerah gelap. Daerah ini kedalamannya antara 990-5.940 meter. Tanaman dasar laut menutupi hampir semua dasar laut.
Daerah yang terakhir adalah palung laut. Kedalaman lebih dari 5.940 meter. Tekanan air sangat tinggi, sangat dingin, makanan sangat sedikit dan gelap gulita.
Setelah kamu membaca teks “Lautan dan Isinya”, kerjakan soal berikut!
1.      Sebutkan bagian-bagian tertentu yang terdapat dalam lautan !
2.      Bagaimana keadaan air laut pada kedalaman 0 - 180 meter di bawah permukaan laut?
3.      Berikan tanggapan pada persoalan di bawah ini!
a.       Nelayan yang tidak bertanggung jawab menangkap ikan secara membabi buta memakai bahan peledak.
Pendapat        : ........................................................................................
Saran              : ...................................................................................
Alasan            : ...................................................................................
b.      Laut dan isinya yang beraneka ragam memberikan kekayaan yang luar biasa jika bisa mengolahnya. Tak akan ada habisnya, kita pun bebas mengambilnya tanpa harus ada yang mengatur dan mengawasinya.
Pendapat        : ...................................................................................
Saran              : ...................................................................................
Alasan            : ...................................................................................

LAMPIRAN 3
KUNCI JAWABAN SOAL EVALUASI INDIVIDU
1.      Daerah tembus cahaya, remang-remang dan gelap.
2.      Air masih hangat, tenang, dan bergerak. Sebagian besar tanaman dan hewan laut hidup di daerah ini. Ada lumba-lumba, ikan pari manta, dan ikan terbang.
3.      Tanggapan
a.       Nelayan yang tidak bertanggung jawab menangkap ikan secara membabi buta memakai bahan peledak.
Pendapat        : tindakan yang dilakukan nelayan tidak baik.
Saran              : sebaiknya gunakan alat penangkap ikan yang lebih aman dan tidak membahayakan lingkungan.
Alasan            : tindakan nelayan dapat merusak dan membahayakan lingkungan.
b.      Laut dan isinya yang beraneka ragam memberikan kekayaan yang luar biasa jika bisa mengolahnya. Tak akan ada habisnya, kita pun bebas mengambilnya tanpa harus ada yang mengatur dan mengawasinya.
Pendapat        : saya tidak setuju dengan pendapat tersebut.
Saran              : kita harus tetap mengatur dan mengawasi pemanfaatan kekayaan laut dan tidak boleh mengambil tanpa aturan.
Alasan            : karena laut merupakan kekayaan alam yang wajib kita jaga.




















LAMPIRAN 4
LEMBAR DISKUSI KELOMPOK
Nama Anggota         :    1. ..............................................................
                                      2. ..............................................................
                                
Berikan pendapatmu pada peristiwa-peristiwa berikut ini!
1.      Peristiwa       : Banyak warga membuang sampah di sekitar bantaran sungai.
Tanggapan   : .....................................................................................................
.............................................................................................................................
.............................................................................................................................
Saran            : .....................................................................................................
.............................................................................................................................
.............................................................................................................................
2.      Peristiwa       : Penebang hutan menebang pohon-pohon di hutan secara liar.
Tanggapan   : .....................................................................................................
.............................................................................................................................
.............................................................................................................................
Saran            : .....................................................................................................
.............................................................................................................................
.............................................................................................................................
3.      Peristiwa       : Eri tidak pernah melaksanakan tugas piket hariannya.
Tanggapan   : .....................................................................................................
.............................................................................................................................
.............................................................................................................................
Saran            : .....................................................................................................
.............................................................................................................................
.............................................................................................................................
4.      Peristiwa       : Warga RW 04 melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan setiap 2 minggu sekali.
Tanggapan   : .....................................................................................................
.............................................................................................................................
.............................................................................................................................
Saran            : .....................................................................................................
.............................................................................................................................
.............................................................................................................................
5.      Peristiwa  :  Andre terlalu banyak jajan. Ia diberi uang saku yang banyak oleh orang tuanya.
Tanggapan   : .....................................................................................................
.............................................................................................................................
.............................................................................................................................
Saran            : .....................................................................................................
............................................................................................................................................................................................................................................................
































LAMPIRAN 5
KUNCI JAWABAN LEMBAR DISKUSI KELOMPOK
1.      Peristiwa       : Banyak warga membuang sampah di sekitar bantaran sungai.
Tanggapan   : Saya tidak setuju dengan tindakan warga karena akan mengakibatkan sungai tercemar dan banjir.
Saran            : Sebaiknya warga mulai membersihkan bantaran sungai dan tidak lagi membuang sampah di bantaran sungai.

2.      Peristiwa       : Penebang hutan menebang pohon-pohon di hutan secara liar.
Tanggapan   : Saya tidak setuju dengan tindakan penebang pohon karena dapat menyebabkan hutan gundul dan bisa mengakibatkan banjir serta erosi.
Saran            : Penebang pohon sebaiknya menggunakan sistem tebang pilih dan melakukan reboisasi.

3.      Peristiwa       : Eri tidak pernah melaksanakan tugas piket hariannya.
Tanggapan   : Eri anak yang malas. Saya tidak setuju dengan tindakan Eri karena menjaga kebersihan kelas merupakan tanggung jawab bersama. Kalau semua siswa seperti Eri, maka kelas akan kotor dan tidak nyaman untuk belajar.
Saran            : Sebaiknya Eri tetap melaksanakan kewajibannya. Jika ada siswa seperti Eri, maka harus diberi hukuman.

4.      Peristiwa       : Warga RW 04 melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan setiap 2 minggu sekali.
Tanggapan   : Saya setuju dengan kegiatan yang dilakukan warga RW 04.  Karena kegiatan tersebut dapat memupuk rasa persaudaraan warga dan lingkungan menjadi bersih.
Saran            : Sebaiknya semua warga meniru kegiatan yang dilakukan warga RW 04.

5.      Peristiwa  :  Andre terlalu banyak jajan. Ia diberi uang saku yang banyak oleh orang tuanya.
Tanggapan   : Perbuatan yang dilakukan Andre salah karena hal tersebut merupakan pemborosan.
Saran            : Sebaiknya Andre menyisakan uang sakunya untuk ditabung.




LAMPIRAN 6
PENILAIAN
1.      Produk (Hasil Diskusi)
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* Memberi tanggapan dan saran dengan tepat (5 peristiwa)
* Memberi tanggapan dan saran dengan tepat (4 peristiwa)
* Memberi tanggapan dan saran dengan tepat (3 peristiwa)
* Memberi tanggapan dan saran dengan tepat (kurang dari 3)
5

4

3

2
2.      Hasil Evaluasi Individu
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.




2.
Pengetahuan




Sikap
* bobot soal nomor 1
* bobot soal nomor 2
* bobot soal nomor 3
* bobot soal nomor 4

* Sangat aktif
* Aktif
* Cukup aktif
* Kurang aktif
2
2
3
3

5
4
3
2
3.      Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1
Najwa Alkhatiri





2
Ahmad Fajriyansyah





3
Aldi Hamdani





4
Alya Putri Yulianto





5
Diah Ratna Wulan





6
Eka Bagas Prasetya





7
Elora Putri Azlia





8
Gilang Putra S.





9
Marvel Dwi Arya





10
Maya Fadillah





11
Miftah Mas S.





12
Moh. Iqbal





13
Nabhista Gita F.





14
Nella Nur Fitri





15
Raihan Rizki S.





16
Reza Anugerah P.





17
Rosalina Gita M.





18
Nisrina Putri Y.





19
Rugayah





20
Safitri Madaniyah





21
Shelly Asyta Putri





22
Sinta Tri Hapsari





23
Virgiawan Ananda





24
Yuniar Nur Halizah





25
Zaki Arundaya





26
Amirah





27
Ayuningtyas Okta





28
Noval Masir A.





29
Abdullah Faiz





30
Moh. Sabit Aqdami





31
Oktavia K.





 
 CATATAN :
Nilai = Jumlah skor X 5

Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar